Hadits Arbain ke 2 : Iman Islam dan Ihsan
Dari Umar rodhiyallohu’anhu juga, beliau berkata: Pada suatu hari ketika kami duduk di dekat Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih dan rambutnya sangat hitam. Pada dirinya tidak tampak bekas dari perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Kemudian ia duduk di hadapan Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, lalu mendempetkan kedua lututnya ke lutut Nabi, dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua pahanya, kemudian berkata: ”Wahai Muhammad, terangkanlah kepadaku tentang Islam.” Kemudian Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam menjawab: ”Islam yaitu: hendaklah engkau bersaksi tiada sesembahan yang haq disembah kecuali Alloh dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Alloh. Hendaklah engkau mendirikan sholat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Romadhon, dan mengerjakan haji ke rumah Alloh jika engkau mampu mengerjakannya.” Orang itu berkata: ”Engkau benar.” Kami menjadi heran, karena dia yang bertanya dan dia pula yang membenarkannya. Orang itu bertanya lagi: ”Lalu terangkanlah kepadaku tentang iman”. (Rosululloh) menjawab: ”Hendaklah engkau beriman kepada Alloh, beriman kepada para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, hari akhir, dan hendaklah engkau beriman kepada taqdir yang baik dan yang buruk.”Orang tadi berkata: ”Engkau benar.” Lalu orang itu bertanya lagi: ”Lalu terangkanlah kepadaku tentang ihsan.” (Beliau) menjawab: “Hendaklah engkau beribadah kepada Alloh seolah-olah engkau melihat-Nya. Namun jika engkau tidak dapat (beribadah seolah-olah) melihat-Nya, sesungguhnya Ia melihat engkau.” Orang itu berkata lagi: ”Beritahukanlah kepadaku tentang hari kiamat.” (Beliau) mejawab: “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya.” Orang itu selanjutnya berkata: ”Beritahukanlah kepadaku tanda-tandanya.” (Beliau) menjawab: ”Apabila budak melahirkan tuannya, dan engkau melihat orang-orang Badui yang bertelanjang kaki, yang miskin lagi penggembala domba berlomba-lomba dalam mendirikan bangunan.” Kemudian orang itu pergi, sedangkan aku tetap tinggal beberapa saat lamanya. Lalu Nabi shollallohu ’alaihi wasallam bersabda: ”Wahai Umar, tahukah engkau siapa orang yang bertanya itu ?”. Aku menjawab: ”Alloh dan Rosul-Nya yang lebih mengetahui.” Lalu beliau bersabda: ”Dia itu adalah malaikat Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.”(HR. Muslim).
Kedudukan Hadits
Materi hadits ke-2 ini sangat penting sehingga sebagian ulama
menyebutnya sebagai “Induk sunnah”, karena seluruh sunnah berpulang kepada
hadits ini.
Islam, Iman, dan
Ihsan
Dienul Islam mencakup tiga hal, yaitu:
Islam, Iman dan Ihsan. Islam berbicara masalah lahir, iman berbicara masalah
batin, dan ihsan mencakup keduanya.
Ihsan memiliki kedudukan yang lebih
tinggi dari iman, dan iman memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Islam.
Tidaklah ke-Islam-an dianggap sah kecuali jika terdapat padanya iman, karena
konsekuensi dari syahadat mencakup lahir dan batin. Demikian juga iman tidak sah
kecuali ada Islam (dalam batas yang minimal), karena iman adalah meliputi lahir
dan batin.
Perhatian!
Para penuntut ilmu semestinya paham bahwa adakalanya bagian dari
sebuah istilah agama adalah istilah itu sendiri, seperti contoh di atas.
Iman Bertambah dan
Berkurang
Ahlussunnah menetapkan kaidah
bahwa jika istilah Islam dan Iman disebutkan secara bersamaan, maka
masing-masing memiliki pegerttian sendiri-sendiri, namun jika disebutkan salah
satunya saja, maka mencakup yang lainnya. Iman dikatakan dapat bertambah dan
berkurang, namun tidaklah dikatakan bahwa Islam bertambah dan berkurang, padahal
hakikat keduanya adalah sama. Hal ini disebabkan karena adanya tujuan untuk
membedakan antara Ahlussunnah dengan Murjiáh. Murjiáh mengakui
bahwa Islam (amalan lahir) bisa bertambah dan berkurang, namun mereka tidak
mengakui bisa bertambah dan berkurangnya iman (amalan batin). Sementara
Ahlussunnah meyakini bahwa keduanya bisa bertambah dan berkurang.
Istilah Rukun Islam dan Rukun
Iman
Istilah “Rukun” pada
dasarnya merupakan hasil ijtihad para ulama untuk memudahkan memahami dien.
Rukun berarti bagian sesuatu yang menjadi syarat terjadinya sesuatu tersebut,
jika rukun tidak ada maka sesuatu tersebut tidak terjadi.Istilah rukun seperti
ini bisa diterapkan untuk Rukun Iman, artinya jika salah satu dari Rukun Iman
tidak ada, maka imanpun tidak ada. Adapun pada Rukun Islam maka istilah rukun
ini tidak berlaku secara mutlak, artinya meskipun salah satu Rukun Islam tidak
ada, masih memungkinkan Islam masih tetap ada.
Demikianlah semestinya kita memahami dien ini dengan istilah-istilah yang dibuat oleh para ulama, namun istilah-istilah tersebut tidak boleh sebagai hakim karena tetap harus merujuk kepada ketentuan dien, sehingga jika ada ketidaksesuaian antara istilah buatan ulama dengan ketentuan dien, ketentuan dien lah yang dimenangkan.
Batasan Minimal Sahnya Keimanan
1. Iman kepada Allah.
Iman kepada Allah sah
jika beriman kepada Rububiyyah-Nya, uluhiyyah-Nya, dan asma’ dan
sifat-Nya.
2. Iman kepada Malaikat.
Iman kepada Malaikat
sah jika beriman bahwa Allah menciptakan makhluk bernama malaikat sebagai hamba
yang senantiasa taat dan diantara mereka ada yang diperintah untuk mengantar
wahyu.
3. Iman kepada Kitab-kitab.
Iman kepada
kitab-kitab sah jika beriman bahwa Allah telah menurunkan kitab yang merupakan
kalam-Nya kepada sebagian hambanya yang berkedudukan sebagai rasul. Diantara
kitab Allah adalah Al-Qurán.
4. Iman kepada Para Rasul.
Iman kepada para
rasul sah jika beriman bahwa Allah mengutus kepada manusia sebagian hambanya
mereka mendapatkan wahyu untuk disampaikan kepada manusia, dan pengutusan rasul
telah ditutup dengan diutusnya Muhammad shallallaahu álaihi wa
sallam.
5. Iman kepada Hari Akhir.
Iman kepada Hari
Akhir sah jika beriman bahwa Allah membuat sebuah masa sebagai tempat untuk
menghisab manusia, mereka dibangkitkan dari kubur dan dikembalikan kepada-Nya
untuk mendapatkan balasan kebaikan atas kebaikannya dan balasan kejelekan atas
kejelekannya, yang baik (mukmin) masuk surga dan yang buruk (kafir) masuk
neraka. Ini terjadi di hari akhir tersebut.
6. Iman kepada Taqdir.
Iman kepada taqdir sah
jika beriman bahwa Allah telah mengilmui segala sesuatu sebelum terjadinya
kemudian Dia menentukan dengan kehendaknya semua yang akan terjadi setelah itu
Allah menciptakan segala sesuatu yang telah ditentukan sebelumnya.
Demikianlah syarat keimanan yang sah, sehingga dengan itu semua seorang berhak untuk dikatakan mukmin. Adapun selebihnya maka tingkat keimanan seseorang berbeda-beda sesuai dengan banyak dan sedikitnya kewajiban yang dia tunaikan terkait dengan hatinya, lesannya, dan anggota badannya.
Taqdir Buruk
Buruknya taqdir ditinjau dari sisi makhluk. Adapun ditinjau dari
pencipta taqdir, maka semuanya baik.
Makna Ihsan
Sebuah amal dikatakan hasan cukup jika diniati ikhlas karena
Allah, adapun selebihnya adalah kesempurnaan ihsan. Kesempurnaan ihsan meliputi
2 keadaan:
1. Maqom Muraqobah yaitu senantiasa merasa diawasi dan diperhatikan oleh Allah dalam setiap aktifitasnya, kedudukan yang lebih tinggi lagi.
2. Maqom Musyahadah yaitu senantiasa memperhatikan sifat-sifat Allah dan mengaitkan seluruh aktifitasnya dengan sifat-sifat tersebut.
Sumber: Ringkasan Syarah Arba’in An-Nawawi - Syaikh Shalih Alu Syaikh Hafizhohulloh - http://muslim.or.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar